02/11/2020

Kolaborasi Media Watugolass dalam PJJ Biologi di Masa Pandemi Covid-19

  
Tri Sukrorini, S. Pd., M.Si.

NIP. 19711001 200604 2 006
(Guru Biologi SMAN 8 Surakarta - Jawa Tengah)

Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pengelolanya, selain itu pembentukan karakter merupakan tujuan utama dari sebuah pendidikan. Dalam kegiatan pembelajaran terdapat serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa dan dalam kegiatan itu terjadilah hubungan timbal balik dan berlangsunglah situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan yang diinginkan dari kegiatan ini adalah pengetahuan peserta didik yang bertambah dan terbentuknya karakter peserta didik yang baik, untuk mencapai tujuan bertambahnya pengetahuan peserta didik maka motivasi belajar dari peserta didik haruslah tinggi dan tingginya motivasi belajar ini juga dipengaruhi oleh model pembelajaran yang di lakukan oleh guru dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. 



Dampak Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang sedang dialami oleh masyarakat Indonesia memiliki dampak secara merata yang mempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat baik bidang kesehatan, pendidikan, integrasi sosial, maupun sektor produksi. Peraturan Pemerintah (PP) No 21 Tahun 2020 yang diikuti dengan Peraturan Menteri Kesehatan No 9 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar merupakan langkah pemerintah dalam rangka percepatan penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomer 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 sebagai upaya meningkatkan kesiapan dan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan Covid-19.

Khususnya dibidang Pendidikan di Indonesia, dengan adanya pandemi mempengaruhi  kegiatan pembelajaran di sekolah yang dilakukan secara luring kemudian dialihkan dilakukan pembelajaran secara daring atau dilakukan dirumah masing-masing. Dengan diadakan pembelajaran daring ini maka akan merubah komponen-komponen yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang telah di rumuskan didalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Selain dari permasalahan yang terkait dengan komponen proses pembelajaranya juga faktor perekonomian yang berbeda-beda disetiap peserta didik akan mempengaruhi kegiatan secara daring yang akan dilakukan, sehingga pendidik dalam perencanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selain mengikuti ketentuan yang ada juga harus memperhatikan keadaan peserta didik. Selain itu media yang digunakan dalam keberlangsungan pembelajaran juga harus diperhatikan, hal ini dikarenakan dengan di lakukanya pembelajaran daring maka pendidik harus memilih media pembelajaran yang praktis, mudah diakses oleh peserta didik juga mempermudah peserta didik dalam memahami pembelajaran yang berlangsung secara daring.

Kolaborasi Media Pembelajaran

SMA Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMA yang mengikuti ketentuan pemerintah dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring. Untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan, maka dengan mengkolaborasikan media WhatsApp,  Youtube, dan Google Classroom, dalam PJJ biologi di masa pandemik Covid-19 merupakan suatu pilihan yang tepat.

Penggunaan media WhatsApp, Google Classroom, dan Youtube dalam PJJ biologi  ini tak terlepas dari berbagai alasan. WhatsApp (WA) merupakan media komunikasi yang populer digunakan masyarakat, hal ini dikarenakan pengunaanya yang sangat mudah dan hemat dalam  penggunaan kuota internet dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.


Gambar 1. Pengunaan WhatsApp dalam PJJ  materi biologi.

 

Hal inilah yang mendasarkan pembelajaran dilakukan dengan membuat grup WA. Pembelajaran Biologi daring yang berlakukan di grup WA tersebut mengalami hubungan timbal balik diantara peserta didik dan pendidik. Namun demikian dalam penggunaan group WA ada kekurangannya yaitu hanya bisa untuk diskusi satu topik atau satu kelompok besar. Oleh karena itu untuk menutupi kekurangan tersebut di kolaborasikanya media Google Classroom (GC). Pengunaan GC difungsikan untuk melakukan  diskusi beberapa kelopok kecil yang tidak bisa dilakukan di WA. GC memberikan fasilitas kepada penggunanya agar dapat melakukan diskusi di suatu kolom komentar tertentu. Diskusi ini sangat dibutuhkan dalam pembelajaran biologi yang berlangsung, selain untuk bertukar ide masing masing anggota kelompok dengan dilakukan diskusi kelompok dapat memperdalam pemahaman peserta didik dalam pembelajaran biologi. Selain itu GC juga digunakan dalam pemberian tugas oleh pendidik dan juga tempat pengumpulan tugas yang telah dikerjakan peserta didik. Fasilitas ini sangat mempermudah peserta didik untuk mengetahui tugas yang diberikan oleh pendidik dan sebagai pendidik dengan adanya fasilitas ini mempermudah untuk memberikan informasi mengenai tugas, mempermudah untuk mengoreksi pekerjaan peserta didik dan memberikan informasi nilai kepada peserta didik.


 

Gambar 2. Pengunaan Google Classroom dalam diskusi kelompok, dan penugasan dalam materi biologi.



Dalam beberapa materi biologi terdapat materi yang membutuhkan pemahaman lebih dari materi biasanya seperi contohnya replikasi virus, system pernafasan, system peredaran darah, dan lain sebagainya, oleh karena itu untuk mempermudah pemahaman peserta didik selain dilakukanya diskusi maka digunakanya video pembelajaran dengan memanfaatkan media Youtube. Pembelajaran yang disampaikan dengan menunjukan ilustrasi dalam bentuk video akan mempermudah peserta didik dalam memahami beberapa materi biologi tertentu.

 

Gambar 3. Pengunaan Youtube dalam meningkatkan pemahaman materi biologi dengan ilustrasi.

 
Pengkolaborasian pembelajaran dengan media WhatsApp, Google Classroom, dan Youtube dalam PJJ biologi di masa pandemi Covid-19 selain memperhatikan kemampuan dari peserta didik dalam mengakses media juga mempermudah pendidik untuk menyampaikan materi yang dipelajari dan mempermudah peserta didik SMA Negeri 8 Surakarta dalam memahami materi biologi dimasa pandemik Covid-19.

No comments:

Post a Comment