18/11/2020

REMOTE PC SEBAGAI SOLUSI EFEKTIF UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA BIMBINGAN TIK SMA


Mukhamad Khasan Tiarani, S.Kom

(Guru TIK SMA Negeri 7 Surakarta - Jawa Tengah)

Pembelajaran Jarak Jauh – PJJ selama pandemi Covid 19 sudah menjadi kesibukan guru di tahun ini. Keadaan ini semakin memaksa guru untuk melampaui keterbatasan demi tersampaikannya ilmu Teknologi Informasi dan Komputer  - TIK kepada siswa. Mulai dari pembelajaran via WhatsApp,  Telegram, Zoom, Google Classroom, Google Meet maupun video streaming YouTube dan media lain, namun semua itu masih kurang memuaskan dahaga ilmu siswa akan pengetahuan Teknologi Informasi dan Komputer - TIK, dikarenakan semua media itu tidak bisa membimbing siswa secara langsung melalui praktek step-by-step dengan bimbingan guru secara langsung meskipun dalam jarak jauh.

Dengan aplikasi Remote PC akan menjembatani kesulitan dan kekurangan siswa dalam praktik, dimana komputer siswa yang di rumah akan langsung dikontrol dan diarahkan serta dibimbing langsung dari jarak jauh oleh guru Bimbingan TIK melalui praktek step by step. Dengan demikian aplikasi remote PC sebagai pelepas dahaga akan keterbatasan siswa untuk praktek langsung dengan didampingi dan dibimbing oleh guru bimbingan TIK.  Berikut ini beberapa aplikasi Remote PC non Komersial diantaranya: 

1. Chrome Remote Desktop

Mengakses komputer lain menggunakan Chrome Desktop Jarak Jauh dapat menggunakan komputer atau perangkat seluler untuk mengakses file dan aplikasi di komputer lain melalui Internet dengan Chrome Desktop Jarak Jauh.

Chrome Desktop Jarak Jauh sudah tersedia di web pada komputer. Namun harus mendownload aplikasi Chrome Desktop Jarak Jauh agar dapat digunakan pada perangkat seluler untuk akses jarak jauh. Untuk memberi orang lain akses jarak jauh ke komputer dengan akses penuh ke aplikasi, file, email, dokumen, dan histori dengan cara:

  1. Di komputer, buka Chrome, pada kolom URL di bagian atas, ketik remotedesktop.google.com/support, lalu tekan Enter.
  2. Pada bagian “Dapatkan Dukungan”, klik Download .
  3. kuti petunjuk di layar untuk mendownload dan menginstal Chrome Desktop Jarak Jauh.
  4. Pada bagian “Dapatkan Dukungan”, pilih Buat Kode.  
  5. Salin kode dan kirim ke orang yang ingin diberi akses ke komputer.
  6. Saat orang tersebut memasukkan kode akses di situs, akan terlihat dialog berisi alamat email miliknya. Pilih Bagikan untuk memberikan mereka akses penuh ke komputer.
  7. Untuk mengakhiri sesi berbagi, klik Berhenti Berbagi.
  8. Kode akses tersebut hanya akan berfungsi satu kali. Jika berbagi komputer, akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa ingin terus berbagi komputer setiap 30 menit.

2. VNC ® Viewer

Untuk menggunakan VNC ® Viewer harus mengunduh atau mendownload aplikasi dari website https://www.realvnc.com/ untuk mendapatkan versi freeware selama 30 hari. Aplikasi VNC ® Viewer bisa dipakai lintas platform OS untuk meremote berbagai perangkat yang berbeda platform OS.

source image: https://www.realvnc.com/en/connect/capabilities/

3. TeamViewer

Untuk menggunakan TeamViewer pengguna harus mendownload aplikasi ini melalui website https://www.teamviewer.com/en/download/windows versi terbaru 15x. Pengguna tinggal memberikan ID dan Password untuk mendapatkan akses penuh fungsi TeamViewer Remote Control, File Transfer, Meeting. 

Namun dibalik featur yang powerfull ternyata TeamViewer memiliki kelemahan seperti diberitakan  News Softpedia, banyak pengaduan dari para pengguna TeamViewer dalam forum, menanyakan cara membuka file enkripsi yang mengunci data meraka. Para pengguna menceriktakan bahwa file mereka mengunci otomatis, kemudian tidak bisa diakses atau dilakukan penambahan/ copy melalui perangkat desktop sekalipun. (“ https://news.softpedia.com/news/surprise-ransomware-uses-teamviewer-to-infect-victims-502006.shtml ”)

4. Splashtop 2

Splashtop 2 - Remote Desktop memungkinkan untuk mengakses isi PC, langsung dari perangkat Android. Hampir semua hal pada PC dapat diakses melalui tabulet atau ponsel. Mulai dari aplikasi pemutar audio dan video, bermain permainan - semuanya mampu di akses dari perangkat Android.

5. Microsoft Remote Desktop

Aplikasi dari Microsoft sudah ada dalam windows pengguna tinggal search pada taskbar windows seperti gambar di bawah ini:


Referensi:

  • https://support.google.com/
  • https://remotedesktop.google.com/support
  • https://www.realvnc.com/en/connect/capabilities/
  • https://www.teamviewer.com/en/download/windows/
  • https://news.softpedia.com/news/surprise-ransomware-uses-teamviewer-to-infect-victims-502006.shtml
  • https://www.splashtop.com/personal
  • https://splashtop-2-remote-desktop.id.uptodown.com/android#:~:text=Splashtop%202%20%2D%20Remote%20Desktop%20memungkinkan,Anda%20melalui%20tabulet%20atau%20ponsel.&text=Anda%20dapat%20menggunakan%20pemutar%20audio,bermain%20permainan%20%2D%20semuanya%20dari%20Android.
  • https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=50042 

12 comments: