14/10/2020

WEBSITE MUSEUM SANGIRAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PRASEJARAH DISAAT PANDEMI COVID-19


AMBAR WAHYUNINGSIH, S.PD
NIP. 19711016 200112 2 001
(Guru Sejarah SMAN 2 Wonogiri - Jawa Tengah)

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, Sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang menelaah tentang asal-usul dan perkembangan serta peranan masyarakat di masa lampau berdasarkan metode dan metodologi tertentu. Salah satu materi yang diajarkan dalam pelajaran sejarah adalah materi zaman praejarah. Zaman prasejarah merupakan babakan dalam sejarah yang diberikan kepada suatu periode ketika manusia belum menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi. Oleh karena itu upaya pemahaman zaman prasejarah merupakan hal yang cukup sulit. Hal ini disebabkan rentangan waktu antara zaman prasejarah dengan zaman sekarang mencakup ribuan tahun. Untuk mengatasi kesulitan itu diperlukan suatu cara, salah satunya memanfaatkan koleksi museum. Museum sangat tepat sebagai sarana untuk memperjelas materi prasejarah Indonesia, baik dengan mengunjungi museum maupun ”membawa” museum secara virtual karena adanya halangan pandemi covid-19.

Pengetahuan Prasejarah

Sejarah memiliki arti strategis dalam pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Dalam proses pembelajarannya pada pendidikan dasar dan menengah, mata pelajaran sejarah memiliki tujuan-tujuan tertentu. Tujuan mata pelajaran sejarah adalahuntuk mengembangkan kemampuan- kemampuan sebagai berikut (1) Membangun kesadaran akan pentingnya waktu(time) yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini dan masa depan, (2) Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta- fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan (sejarah), (3) Menumbuhkan apresiasi danpenghargaan terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau, (4) Menumbuhkan pemahaman peserta didik bahwa proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui proses sejarah yang panjang dan masih berproses hingga kini dan masa yang akan datang, (5) Menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik bahwa mereka menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang harus memiliki rasa kebanggaan dan cinta tanah airnya yang dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang kegiatan dan lapangan pengabdian (BSNP, 2006: 1-2). Oleh karena itu pelajaran sejarah mempunyai kedudukan yang penting bagi peserta didik sebagai generasi muda bangsa Indonesia.

Salah satu materi yang diajarkan dalam pelajaran sejarah adalah materi zaman prasejarah. Zaman prasejarah merupakan babakan dalam sejarah yang diberikan kepada suatuperiode ketikamanusia belum menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi. Di Indonesia zaman prasejarah berakhir pada sekitar abad V masehi (Soekmono, 1981: 11). Oleh karena itu upaya pemahaman zaman prasejarah merupakan hal yang cukup sulit. Hal ini disebabkan rentangan waktu antara zaman prasejarah dengan zaman sekarang mencakup ribuan tahun. Selain itu kurangnya bukti-bukti yang ditinggalkan oleh masyarakat purbayang dapatdigunakan untuk mempelajari kehidupan masa lampau.

Para ahli telah melakukan upaya untuk memahami zaman prasejarah melalui penggunaan sumber primer berupa fosil, artefak, isefak, ecofak serta feature, melalui analisis kimiawi, geologis, dan arkeologis. Namun demikian bagi para siswa upaya memahami zaman prasejarah dari fosil atau bukti primer l;innya masih mengalami banyak kendala. Kendala tersebut dikarenakan (1).Barang-barang peninggalan dan sampel penelitian jumlahnya sedikit dan langka, (2).Keterbatasan pengetahuan siswa dalam menganalisis serta meneliti dengan seksama peninggalan, sumber, dan bukti tersebut, (3). Materi zaman prasejarah bukan hanya memuat sejarahmanusiatetapijuga keadaanbumi sebagai gambaran kondisi sebelum manusia ada sehingga cakupan materinya cukup luas. Bagi siswa, upaya pemahaman terhadap zaman prasejarah dilakukan berdasar pada pemakaian buku teks. Selain itu beberapa guru telah menempuhnya dengan menghadirkan gambar- gambar peninggalan zaman prasejarah ke dalam kelas. Namun upaya pemahaman dengan menggunakan buku teks maupun gambar mengalami kendala. Hal ini karena buku teks hanya memberikan informasi dalam bentuk verbal sehingga bersifat abstrak. Sedangkan gambar-gambar yang terdapat dalam buku maupun disajikan oleh guru berupa gambar dua dimensi yang terbatas untuk bisa dipahami. Terlebih seringkali gambar tersebut tidak jelas, kabur, hitam putih dan kelemahan gambar lainnya. Oleh karerna itu diperlukan sumber lain yang mampu memberikan informasi secara kongkret, sekaligus tidak terlalu sulit untuk dilaksanakan. Model dan media tentu  saja disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan lingkungan.

Dengan menggunakan media-media pembelajaran  yang tepat akan tercipta suasana belajar yang tenang dan menyenangkan (enjoyable learning) yang akan mendorong proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan bermakna. Dengan kondisi proses belajar yang demikian akan mampu menimbulkan kesadaran pada peserta didik untuk belajar mengetahui (learning to know), belajar berkarya (learning to do), belajar menjadi diri sendiri (learning to be) dan belajar untuk hidup bersama orang lain secara harmonis (learning to live together). Oleh karena itu setiap saat guru mata pelajaran sejarah harus selalu meningkatkan mutu pembelajaran (effective teaching).

Dari uraian di atas maka perlu dicarikan bagaimana supaya pemahaman siswa terhadap materi zaman prasejarah dapat dilakukan dengan lebih baik. Memanfaatkan museum yang mempunyai koleksi benda-benda zaman prasejarah, atau setidak-tidaknya replika benda-benda peninggalan prasejarah adalah cara-cara yang bisa ditempuh sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Sementara ini Museum sangiran yang berada di kalijambe kabupaten Sragen Jawa Tengah masih ditutup sejak 15 Maret 2020, bahkan pada tanggal 12 Oktober 2020 yang merupakan Hari Museumpun tidak ada perayaan seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian museum prasejarah Sangiran tetap memberikan layanan secara virtual dalam bentuk website.

Museum Sangiran

Museum Sangiran adalah museum arkeologi yang terletak di Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Museum ini berdekatan dengan area situs fosil purbakala Sangiran yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia. Situs Sangiran memiliki luas mencapai 56 km² meliputi tiga kecamatan di Sragen (Gemolong, Kalijambe, dan Plupuh) serta Kecamatan Gondangrejo  yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar. Situs Sangiran berada di dalam kawasan Kubah Sangiran yang merupakan bagian dari depresi Solo, di kaki Gunung Lawu (17 km dari kota Solo).

Museum Sangiran beserta situs arkeologinya, selain menjadi obyek wisata yang menarik juga merupakan arena penelitian tentang kehidupan pra sejarah terpenting dan terlengkap di Asia, bahkan dunia. Dalam museum ini dapat diperoleh informasi lengkap tentang pola kehidupan manusia purba di Jawa yang menyumbang perkembangan ilmu pengetahuan seperti Antropologi, Arkeologi, Geologi, Paleoanthropologi. Di lokasi situs Sangiran ini pula, untuk pertama kalinya ditemukan fosil rahang bawah Pithecantropus Erectus (salah satu spesies dalam taxon Homo erectus) oleh arkeolog Jerman, Profesor Von Koenigswald.  

Lebih menarik lagi, di area situs Sangiran ini pula jejak tinggalan berumur 2 juta tahun hingga 200.000 tahun masih dapat ditemukan hingga kini, sehingga para ahli dapat merangkai sebuah benang merah sebuah sejarah yang pernah terjadi di Sangiran secara berurutan. Koleksi yang tersimpan di museum ini mencapai 13.806 buah yang tersimpan pada dua tempat yaitu 2.931 tersimpan di ruang pameran dan 10.875 di dalam ruang penyimpanan. Museum sangiran menyumbang perkembangan ilmu pengetahuan seperti Antropologi, Arkeologi, Geologi, Paleoanthropologi. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas tentang informasi tentang museum sangiran.

Penelitian terhadap situs sangiran diwali oleh Eugene Dubois pada tahun 1893 dimana sebelum dia mengadakan penelusuran mencari fosil nenek moyang manusia di Sumatra Barat, tetapi dia tidak menemukannya. Selai Dubois, tahun 1930-an penelususranb dilakukan oleh GHR Von Koenigswald. Tahun 1934 Von Koenigswald berhasil menemukan kurang lebih 1000 alat batuan manusia purba yang pernah hidup di Sangiran.

Tahun 1936 Von Koenigswald berhasil menemukan fosil rahang atas manusia pdan selanjutnya ia memberi nama fosil Megantrophus Paleojavanicus. Tahun 1973 dia juga berhasil menemukan manusia purba yang dicari oleh Eugene Dubois yaitu Pithecanthropus Erectus. Penemuan kedua ini mendorong para ahli untuk mengadakan penelitian lanjutan di situs sangiran diantaranya : Helmut de Tera, Movius, P. Marks, RW van Bemmelean, H.R van Hekkeren, Gert jan Barsta, Francois Semah, Anne Marie Semah, M. Itahara. Sedangkan peneliti-peneliti dari Indonesia yang serius menangani sangiran adalah: R.P Soejono, Teuku Jacob, S. Sartono, dan Hari Widianto.

Media Virtual Museum Sangiran

Sebenarnya sangat menarik sekali apabila dalam pembelajaran sejarah pada materi prasejerah siswa diajak mengunjungi museum prasejarah Sangiran di Kabupaten Sragen Jawa Tengah, namun karena pandemi Covid-19 menjadikan kunjangan langsung tersebut tidak dimungkinkan. Namun demikian masih ada metode yang dimanfaatkan untuk pembelajaran prasejarah dengan mengunjungi museum tersebut secara virtul melalui website. Berikut ini adalah beberapa media virtual dalam bentuk website internet yang bisa dikunjungi untuk sebagai pendukung materi prasejarah:

1. http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/virtualmuseum/sangiran_ID/index.html


Alamat diatas adalah alamat musem sangiran dalam bentuk virtual memalui media website internet. Museum virtual bertujuan untuk melengkapi, meningkatkan, atau menambah pengalaman museum melalui personalisasi, interaktivitas dan kekayaan konten. Museum virtual dapat dirancang di sekitar objek tertentu (mirip dengan sebuah museum seni, museum sejarah alam), atau dapat terdiri dari pameran baru dibuat dari awal (mirip dengan pameran di museum ilmu pengetahuan). Museum virtual dapat memanfaatkan teknologi internet yang terus berkembang dan banyak dimanfaatkan publik.

Akses internet dan teknologi ponsel yang terus berkembang dari waktu ke waktu mempermudah mengakses museum virtual. Publikasi tentang museum dapat lebih mudah diberikan pada publik memanfaatkan teknologi. Gagasan tentang museum virtual ini mulai tersebar di Indonesia dan saat ini Museum Sangiran sudah memanfaatkannya. Museum virtual diaplikasikan di Indonesia dengan Museum Sangiran sebagai pilot project. Saat ini teknologi menjadi kekuatan utama untuk memperkenalkan museum, salah satunya dengan virtual museum ini dan Museum Sangiran menjadi pilot project-nya. Jika pilot project museum virtual ini berhasil, tidak tertutup kemungkinan jika semakin banyak museum di Indenesia memanfaatkan museum virtual.

Dengan tersedianya aplikasi Virtual Museum ini, para peminat museum yang belum dapat singgah ke Museum Manusia Purba Sangiran dapat mengakses Museum Virtual. Saat ini aplikasi Virtual Museum baru tentang Museum Manusia Purba Klaster Krikilan, ke depan akan  ditambah dengan informasi di Virtual Museum tentang Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Ngebung, Bukuran, Manyarejo dan Dayu. Pengunjung saat ini bisa menikmati Sangiran via Virtual Museumnya, semoga ini membawa kemajuan bagi Situs dan Museum Sangiran.


2. https://artsandculture.google.com/partner/sangiran-early-man-museum?hl=id



Alamat tersebut diatas adalah ulasan museum sangiran dari fasilitas art and culture milik raksasa layanan internet Google.com. Dalam situs internet ini banyak menyajikan foto-foto prasejarah yang merupakan koleksi dari museum Sangiran dengan kualitas yang baik dan jelas. Dalam web tersebut pengunjung juga bisa menjelajahi kluster-kluster museum diantaranya kluster Krikilan, Manyarejo, Bukuran dan Dayu. 

3. https://whc.unesco.org/en/list/593/



Alamat situs web internet diatas adalah informasi museum sangiran milik Unesco yang merupakan badan dunia PBB untuk urusan Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan yang didirikan sejak tahun 1945.

Pada web ini memiliki koleksi-koleksi foto dengan kualitas yang baik pada menu Gallery. Selain itu dalam web tersebut juga ada fasilitas menu Deskripsi, peta, video, grafik indikator dan informasi lainnya.

4. Augmented Reality (AR)

Selain diakses melalui website museum Sangiran juga membuat terobosan baru dengan membuat buku dengan teknologi Augmented Reality (AR), yaitu suatu teknologi yang memberikan pengalaman interaktif dari lingkungan dunia nyata di mana objek yang berada di dunia nyata ditingkatkan oleh informasi persepsi yang dihasilkan komputer, terkadang di beberapa modalitas sensorik, termasuk visual, auditori, dan lain sebagainya. AR dapat didefinisikan sebagai sistem yang memenuhi fitur dasar kombinasi dunia nyata dan virtual, interaksi real-time, dan pemanfaatan 3D yang akurat dari objek virtual dan nyata. teknologi terbebut dibenamkan dalam buku berjudul “Mengenal Situs Manusia Purba Sangiran” dan “Katalog Homo Erectus”. Dengan memanfaatkan gawai berupa smartphone android buku tersebut bisa memunculkan ilustrasi 3D ketika smartphone diarahkan pada gambar yang ada pada buku tersebut.


150 comments:

  1. Cukup membantu untuk belajar prasejarah baik bagi guru maupun sisswa

    ReplyDelete
  2. Waooo keren mantap artikel nya semoga menginspirasi guru yg lain untuk membuat artikel2 yang lain

    ReplyDelete
  3. Jika saat tdk pandemi mgkn pembelajaran materi sejarah ini bisa dilakukan dengan outing class..namun saat pandemi mgkn pembelajaran secara virtual dg menayangkan website tentang museum atau yang lain bs menjadi aletrnatif

    ReplyDelete
  4. Bagus,
    Website bisa menjadi salah satu sumber belajar Mapel Sejarah, di samping sumber belajar yang utama yaitu Buku Teks Pelajaran Sejarah dan buku-buku lain yang relevan. Website Museum Sangiran bisa memperkaya khasanah materi tentang kehidupan manusia purba di Indonesia umumnya, di Jawa khususnya.

    ReplyDelete
  5. Sangiran merupakan salah satu museum yang cukup terkenal dan menyimpan banyak benda bersejarah. Setelah membaca artikel ini,setidaknya bisa memahami beberapa hal tentang museum Sangiran ini tanpa datang ke tempat karena sedang dalam quarantine.

    ReplyDelete
  6. Artikel ini membantu siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Sangat bermanfaat sekali bagi siswa yang belum mengerti tentang apa yang ada di museum Sangiran.

    ReplyDelete
  7. Artikel ini sangat bermanfaat dan membantu pembaca untuk menambah pengetahuan mengenai salah satu sejarah di Indonesia khususnya jawa tengah

    Ginza Naufal A

    ReplyDelete
  8. Artikel ini sangat bermanfaat dan membantu pembaca untuk menambah pengetahuan mengenai salah satu sejarah di Indonesia khususnya jawa tengah

    Ginza Naufal A

    ReplyDelete
  9. Jazakallahu, setelah membaca artikel ini, saya mendapat ilmu beberapa hal ttg museum sangiran walaupun saya belum datang. Pjj, guru dituntut kreatif dalam mengajar. Salah satunya dengan cara ini, membuat website.

    ReplyDelete
  10. Amelia Charisma Agustin: saya pernah berkunjung kesana, peninggalannya sangat memberikan ilmu yang berguna. Website ini juga sangat menggambarkan museum dan sejarah nya.

    ReplyDelete
  11. Artikelnya bagus ,nyaman dibaca dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang museum sangiran yang belum saya ketahui.

    ReplyDelete
  12. Artikel ini membuat saya menambah wawasan mengenai museum sangiran dengan sangat detail.

    Cahyaning Sekar Pangesti

    ReplyDelete
  13. -Zahra Salsabila Ayuni-

    Sangat bermanfaat sekali dan memudahkan pembacanya untuk memahami tentang sejarah,semangat terus Bu Ambar untuk memberi materi-materi sejarah❤️

    ReplyDelete
  14. Artikel bagus dan sangat bermanfaat bagi siswa maupun guru yang ingin belajar sejarah khususnya pada zaman prasejarah melalui gambaran museum Sangiran
    Nindasari

    ReplyDelete
  15. Gita Fitriana(14) : artikelnya sangat lengkap serta sangat bermanfaat untuk pengetahuan dan pelajaran jarak jauh

    ReplyDelete
  16. Ellen Ratna : sangat membantu untuk belajar sejarah baik bagi guru dan siswa

    ReplyDelete
  17. Artikel bagus dan sangat bermanfaat bagi siswa maupun guru yang ingin belajar sejarah khususnya pada zaman prasejarah melalui gambaran museum Sangiran , sehat dan sukses selalu untuk bu guru 🙏
    - Ari Dwi Prasetyo -

    ReplyDelete
  18. Tegar Cery Priyanto XII BB 28

    Menurut saya ringkasannya lengkap, mudah dipahami dan juga isinya mengenai paneran virtual. Itu sangat relate sekali dengan masa-masa sekarang ini. Semoga lebih baik lagi dan sukses selalu🙏💐

    ReplyDelete
  19. Perdana Wira Nugraha :Wow, Koleksi museum nya sangat lengkap!, Jadi ingin kesana lagi setelah pandemi Corona selesai.

    ReplyDelete
  20. Artikel ini sangat bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi pembacanya termasuk guru2 yang masih bingung bagaimana caranya membuat siswanya paham dengan materi yang diajarkannya. Artikel ini membuat para pembacanya lebih memahami beberapa pengetahuan tentang museum sangiran tanpa harus mengunjunginya karena dimasa pandemi ini sangat rentan jika berkunjung ke tempat yang ramai. -Salma Aulia Damayanti

    ReplyDelete
  21. Artikel bagus dan sangat bermanfaat untuk siswa maupun guru yang ingin mempelajari sejarah khususnya zaman prasejarah melalui gambaran museum Sangiran.
    Nindasari

    ReplyDelete
  22. Artikel ini sangat menarik dan membantu sekali

    ReplyDelete
  23. Laili Lita Illona

    Artikel ini sangat bermanfaat bagi siswa/orang lain yg ingin belajar sejarah. Di kondisi saat ini kita tidak bisa berkunjung ke museum Sangiran,namun melalui artikel ini kita dapat mengetahui cara berkunjung ke museum Sangiran yaitu melalui website
    .

    ReplyDelete
  24. Artikel lengkap dan jelas,dapat membuat pembaca paham tentang yang disampaikan ,dan juga menambah pengetahuan tentang museum sangiran




    Hananto haris

    ReplyDelete
  25. artikelnya bagus. dapat memberikan pengetahuan bagi siswa walaupun saat pandemi seperti ini. dan semoga dapat mengeinspirasi guru mapel lainnya
    -adellia dewi k

    ReplyDelete
  26. Artikel ini sangat bermanfaat dan menjelaskan dengan sangat lengkap sehingga mudah untuk dipahami.sangat berguna bagi siswa ya ingin mendalami tentang sejarah terutama yang ada di museum sangiran.
    -Aulia Putri Prabandani-

    ReplyDelete
  27. Dani alfando

    Sangiran merupakan salah satu museum yang cukup terkenal dan menyimpan banyak benda bersejarah. Setelah membaca artikel ini,setidaknya bisa memahami beberapa hal tentang museum Sangiran ini tanpa datang ke tempat karena sedang dalam quarantine.

    ReplyDelete
  28. Artikel ini sangat bermanfaat. Materi di dalamnya mudah untuk dipahami dan dapat membantu kita dalam belajar mengenai sejarah.
    Ditunggu artikel berikutnya:)
    BERLIAN HANI ASTUTI(08)

    ReplyDelete
  29. Artikelnya sangat membantu, bisa menginspirasi guru-guru yang lain untuk membuat artikel pembelajaran seperti ini di masa pandemi. Materinya juga mudah untuk dipahami dan diterima oleh para pembaca. Semangat untuk artikel-artikel selanjutnya Bu. Good job.

    ReplyDelete
  30. saya belum pernah mengunjungi situs sangiran. tetapi, setelah membaca artikel ini, saya mendapatkan gambaran apa itu situs sangiran, dan bagaimana isinya. artikel ditulis dengan sangat lengkap sehingga memudahkan pemabaca mengetahui apa yang ada di situs sangiran. artikel,juga ditulis dengan bahasa yang komunikatif. sehingga para siswa mudah memahami isi dari artikel tersebut. sukses selalu bu guru��

    -Salsabila M/XII MIPA 1-

    ReplyDelete
  31. Dyah Oktaviana

    Artikel ini sangat membantu kita untuk mengetahui museum Sangiran dan mudah untuk dipahami. Terimakasih Bu Ambar

    ReplyDelete
  32. Dyah Oktaviana

    Artikel ini sangat membantu kita untuk mengetahui museum Sangiran dan mudah untuk dipahami. Terimakasih Bu Ambar

    ReplyDelete
  33. Artikel bagus dan sangat bermanfaat bagi siswa maupun guru yang ingin belajar sejarah khususnya pada zaman prasejarah melalui gambaran museum Sangiran
    setyoprimi hanafi

    ReplyDelete
  34. Artikel bagus dan sangat bermanfaat bagi siswa maupun guru yang ingin belajar sejarah khususnya pada zaman prasejarah melalui gambaran museum Sangiran
    setyoprimi hanafi

    ReplyDelete
  35. ENGGAR MAHESTRA

    Artikel ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  36. Artikel ini sangat baik dan bermanfaat untuk semua. Materi yang terdapat dalam artikel tersebut dapat membantu kita untuk memahami dan mengerti tentang sejarah.
    -Adellyn Masayu Cecilya (01)

    ReplyDelete
  37. Artikelnya sangat bagus. Sangat membantu untuk menambah wawasan mengenai apa yang ada di dalam museum Sangiran beserta sejarahnya. Penyampaian artikel yang rinci sangat mendukung untuk meningkatkan pengetahuan pembaca.

    - Sherlinda Putri Rahmadhani

    ReplyDelete
  38. Luar biasa, sangat penting untuk belajar sejarah yang bisa menambah wawasan yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.
    -FaisalRidho-

    ReplyDelete
  39. Andira Amelia Tiandara /05/XII MIPA 5
    Artikel ini sangat membantu sekali, artikel ini mudah dipahami dan isinya jelas, sehingga wawasan sejarahnya bertambah bagi pembaca, terimakasih Bu Ambar..

    ReplyDelete
  40. Dewi Salindri

    Hal ini sangat baik karena bisa menjadi motivasi tambahan bagi para pelajar untuk lebih mengeksplor pengetahuan prasejarah

    ReplyDelete
  41. Artikel ini bagus isinya cukup mendetail. Membuat pembaca mendapat informasi baru mengenai museum sangiran. Isi artikel mudah dipahami. Keren

    Belantika Amanda(XIIMIPA3)

    ReplyDelete
  42. Sonia Mahiranisa (XII MIPA 1/35)

    Terimakasih Bu Ambar, artikelnya sangat membantu siswa terutama saya dalam belajar tentang materi prasejarah. Selain itu, artikel ini juga membantu siswa mengenal tentang musem Sangiran dan saja peninggalan sejarah yang ada di dalamnnya.

    ReplyDelete
  43. Terimakasih Bu Ambar, artikelnya sangat membantu siswa terutama saya dalam belajar tentang materi prasejarah. Selain itu, artikel ini juga membantu siswa mengenal tentang musem Sangiran dan apa saja peninggalan sejarah yang ada di dalamnnya.

    ReplyDelete
  44. artikel ini sangat membantu, jelas dan mudah dipahami oleh siswa sehingga dapat lebih paham dan mengerti tentang sejarah

    Agitha Nurhaliza A. P

    ReplyDelete
  45. - Annisa Ditha Amanda Wahyu Nur Rizky
    Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat karena dapat membantu para pembaca untuk melakukan kunjungan ke museum dengan media virtual meskipun berada di tengah pandemi dan disertakan beberapa website yang dapat dikunjungi.Terlebih saat sebelum pandemi kita masih bisa bepergian keluar rumah dan saat pandemi ini aktivitas diluar sangat terbatas sehingga lebih mudah bosan.Artikel ini sangat bermanfaat sekali bagi para pembaca yang ingin menambah ilmu dan meminimalisir kebosanan meskipun hanya dilakukan dari rumah.Terima kasih 🙏🏻

    ReplyDelete
  46. Artikel ini sangat bermanfaat sekali, materinya sangat jelas dan mudah untuk dipahami. Dan menambah wawasan tentang museum Sangiran secara detail kepada semua orang.
    -Desti Putri Marhaeni-

    ReplyDelete
  47. Artikel ini juga sangat menambah wawasan dan informasi siswa terutama saya mengenai peninggalan-peninggalan dari zaman prasejarah

    ReplyDelete
  48. Artikelnya sangat bagus serta bermanfaat untuk siswa dalam pembelajaran jarak jauh ini.

    Syilvia Verawati//34

    ReplyDelete
  49. Iin Setianingsih/15/12 mipa 7

    Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat bagi siswa maupun guru. Dan dapat memberikan gambaran mengenai museum sangiran bagi yang belum pernah mengunjungi dan sudah terhalang pandemi covid-19

    ReplyDelete
  50. Ikhsan Rifqi Adhitya N(XII IPS 2/15)

    Artikelnya sangat bagus,sangat membantu dalam belajar tentang prasejarah

    ReplyDelete
  51. Fahrun Fahrudin (13/ XII MIPA 1)
    Menarik dan edukatif,
    Mengapa saya bilang seperti itu? Ya memang karena website ini secara garis besar menggambarkan pentingnya pembelajaran prasejarah bagi para siswa seperti berlatih berpikir kritis, pemahaman akan pentingnya waktu,proses dan latar belakang terjadinya suatu peristiwa dll. Nah salah satu media belajar yang paling mendukung materi pembelajaran sejarah adalah dengan mengunjungi museum², dikarenakan banyak sekali hal yang dapat dipelajari di museum tersebut. Akan tetapi terkait dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi saat ini, kita sangat kesulitan datang ke museum. Artikel ini menjelaskan bahwa situasi dan kondisi yang sedang terjadi saat ini tidak dapat mengurangi aktivitas pembelajaran kita, ya dengan menggunakan internet kita dapat mengakses berbagai macam hal tak terkecuali dengan informasi terkait museum. Kemajuan teknologi informasi memberikan kita kemudahan untuk belajar, banyak sekali website² positif penunjang materi prasejarah. Misalkan saja museum virtual yang dapat kita akses dimanapun dan kapanpun. Fiturnya pun lengkap mulai dari materi dan gambar peninggalan² kuno. Oleh karena itu saya mendukung website ini dikarenakan sangat edukatif dan menarik. Saya berharap banyak pula rekomendasi² website lain yang memberikan kita akses pembelajaran yang memadai dan berkualitas. Karena dengan teknologi, semua akses pembelajaran pastinya akan dengan mudah kita dapatkan. Terima kasih dan semoga terus memberikan artikel yang mengedukasi.

    ReplyDelete
  52. Artikelnya sangat bagus dan mudah untuk dipahami. Ditunggu artikel-artikel berikutnya! - Adita Armelia Sandra

    ReplyDelete
  53. Diana, XII MIPA 1

    Terima kasih, Bu, artikelnya manambah pengetahuan kami akan pentingnya balajar sejarah dan berbagai link untuk mengakses tentang Museum Sangiran sehingga pembelajaran kami tidak terlalu membosankan dan kaku di masa pandemi seperti ini.

    ReplyDelete
  54. Artikel ini sangat bagus, keren, dan bermanfaat bagi orang lain. Artikel ini mudah dipahami dan juga cukup lengkap sehingga bisa membantu dan menambah wawasan pembacanya dalam hal memahami prasejarah melalui website Museum Sangiran sebagai media pembelajaran. Semoga kedepannya penulis (Bu Ambar) membuat artikel-artikel tentang sejarah yang lain yang bisa menginspirasi pembacanya. Semangat dan semoga sukses ♡♡.

    ~Arsya Pradhipta Nuryan Siwi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel ini membantu siswa dalam belajar selama pandemi Covid-19 berlangsung. Siswa sangat terbantu dengan artikel ini.

      Arsya Pradhipta/XII MIPA 1

      Delete
  55. -FERDINAND G Z (16/XII MIPA 2)-
    Artikel ini sangat membantu para siswa dalam pembelajaran jarak jauh atau daring dalam materi sejarah terutama dalam bidang kemuseuman karena pada artikel ini topik pembelajarannya adalah museum sangiran, untuk materi disajikan simple dan menarik. Tetap semangat dalam mengembangkan artikel ini dalam bidang studi sejarah.

    ReplyDelete
  56. Artikelnya sangat bermanfaat, menarik, isinya lengkap dan mudah dipahami, artikelnya cocok dan selaras dengan PJJ ditengah pendemi seperti ini dan setelah membaca artikel ini bisa membayangkan kondisi atau keadaan di meuseum, terimakasih bu sehat selalu 🙏.
    MUHAMMAD ROFIQ RIASTIANTO/27/XII MIPA 1

    ReplyDelete
  57. Teragifa Aulia AzzahraOctober 15, 2020 at 10:04 AM

    Artikelnya sangat bagus dan melalui artikel ini siswa serta guru dapat terbantu dalam hal pehamanan materi prasejarah dengan gambaran Museum Sangiran. Tetap semangat Bu Ambar,untuk mengajarkan ilmu-ilmu mengenai sejarah di tengah kondisi yang seperti ini <3

    ReplyDelete
  58. Artikelnya bagus dan sangat menarik, kalimatnya juga sederhana sehingga mudah dipahami (Nurvita May)

    ReplyDelete
  59. Arjun, XII S 2

    Artikelnya sangat baguss dalam menambah pengetahuan dan wawasan akan pentingnya belajar sejarah.

    ReplyDelete
  60. Artikel yang luar biasa bagi saya karena sangat lengkap tidak seperti beberapa artikel yang kurang begitu komplit.

    -Tinta Luhur Pribadi-

    ReplyDelete
  61. Artikelnya bagus dan mudah di pahami, dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang sejarah,, dan di tunggu artikel selanjutnya -Safaat arif alan romadhona (34)

    ReplyDelete
  62. Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat. Orang yang belum pernah kesana jadi tahu dan tertarik buat berkunjung untuk edukasi sekaligus refreshing, karena museum sangiran merupakan situs penting prasejarah.
    -Andarias Vanissaputri(03/XII MIPA 7)

    ReplyDelete
  63. Artikel yang sangat menarik untuk di baca. Selain menambah wawasan dan pengetahuan, artikel ini juga memberi gambaran untuk orang-orang yang belum pernah mengunjungi museum Sangiran

    Andika Ajeng Febrian

    ReplyDelete
  64. Artikelnnya bagus dan sangat bermanfaat bagi siswa dalam menambah wawasan dan informasi tentang museum sangiran dan peninggalan-peninggalan sejarah lainnya. Dalam masa pandemi ini kita bisa memengetahui secara virtual melalui website yang telah di tuliskan tersebut.
    ~Aynun Aska A

    ReplyDelete
  65. Artikel ini sangat bermanfaat dan membantu saya dalam menambah wawasan sejarah khususnya Situs Sangiran ini, terlebih lagi dijelaskan dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah untuk saya pahami. Sehat dan sukses selalu Bu Ambar😊
    -Jihan Fathin A/XII MIPA 1-

    ReplyDelete
  66. Artikelnya sangat bagus dan menarik, dapat memberi wawasan orang yang belum pernah kemuseum itu. Apalagu dengan adanya pjj ini, kita dapat mengetahui terlebih dulu bagaimana dan seperti apa keadaan disana.

    Shelly Ratna D F/33/ XII mipa 6

    ReplyDelete
  67. Artikel ini sangat bagus dapat membantu saya untuk menambah pengetahuan dan wawasan akan penting nya belajar sejarah,belajar sejarah adalah pembelajaran sangat penting karena kita sebagai generasi muda harus dapat melestarikan,mengamalkan,memperindah akan sejarah,karena sejarah adalah peristiwa masa lampau yang wajib kita ketahui dimasa mendatang agar tetap tertanam diera modern saat ini dan selamanya.


    -Anita Muliasari XII MIPA 3-

    ReplyDelete
  68. Dahrul Cahyo NugrohoOctober 15, 2020 at 10:12 AM

    Artikel yang membantu menambah pengetahuan dan wawasan, terimakasih sangat bagus

    ReplyDelete
  69. Artikel nya sangat bagus dan membantu para siswa yang sedang melakukan pelajaran jarak jauh dimasa pandemi ini, terima kasih bu.

    Agnes Dea Triyuliana XII IPS 2

    ReplyDelete
  70. Artikel ini sangat bermanfaat bagi siswa maupun pengajar yang mana dimasa pandemi ini tidak berkesempatan untuk mengunjungi museum. Lewat artikel ini, kita bisa secara jelas mengerti tanpa harus melihat secara langsung tempat tersebut, terimakasih Bu Ambar, semangat dan sukses selalu✨

    - Mutiara Dewi, 30/XII IPS 1

    ReplyDelete
  71. Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat, memudahkan juga bagi pembaca yang belum mengetahui menjadi tahu tentang apa itu museum sangiran. Selain itu artikel ini sangat lengkap jadi mudah untuk dipahami.

    Nova Anggraini KP

    ReplyDelete
  72. Artikelnya cukup membantu dalam proses belajar bu, materi yang disampaikan cukup gamblang sehingga siswa yang membaca mudah untuk memahaminya. Selain itu, materi dikupas atau disajikan secara detail dan disertai gambar juga. Dari sinilah siswa mudah untuk memahami, tetap semangatt bu. Ditunggu artikel selanjutnya.

    -Kania Ersita R S

    ReplyDelete
  73. Putri Desi Deria XII MIPA-4October 15, 2020 at 10:13 AM

    Artikelnya sangat bagus, dan dapat membantu para siswa dalam pembelajaran jarak jauh atau daring, terutama dalam pemahaman materi prasejarah pada museum Sangiran. Sehat selalu Bu Ambar, jaga kesehatan dan tetap semangat

    ReplyDelete
  74. Rakhel Marsyanda V.A /28/ XII MIPA 2

    Terimakasih Bu, artikelnya sangat menambah pengetahuan kami akan pentingnya belajar sejarah dan artikel ini sangat mudah untuk dipahami. Ditunggu artikel-artikel berikutnya.

    ReplyDelete
  75. Artikel tersebut sangat bermanfaat karena memberikan informasi tentang pengatahuan prasejarah yang dapat dipelajarai di Museum Sangiran
    Alifathoriq Y. W.

    ReplyDelete
  76. Artikel ini membantu saya mendalami lebih lanjut tentang sejarah, pembelajaran ini sangat penting saat pandemi ini masih berlangsung. Dan kita sebagai generasi muda harus bisa melestarikan akan sejarah kita yang terjadi di masa lampau


    Tesis Bekti Permana Adi
    XII Mipa 3 / 33

    ReplyDelete
  77. Artikelnya sangat bermanfaat dan bisa menambah pemahaman bagi pembacanya. Terutama bagi para pelajar.

    (Andi Nur Fatimah Azzahra Qutratuain Heriyanto)

    ReplyDelete
  78. Artikel ini sangat bermanfaat khususnya untuk kami para siswa yg mengikuti pembelajaran jarak jauh. Isinya lengkap dan mudah dipahami. Terimakasih, sangat bermanfaat

    Areta Nur Artanti
    XII Mipa 2 / 4

    ReplyDelete
  79. Ryanda Deanova / 27 / XII MIPA 5

    Walaupun kita tidak dapat mengunjungi Museum Sangiran secara langsung dikarenakan Pandemi, tetapi dengan adanya artikel di website ini kita dapat mengetahui bagaimana cara mengakses Virtual Museum Sangiran melalui website.

    Artikel ini merupakan artikel yang menarik dan bermanfaat.

    Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  80. Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat untuk semua. Isi dari artikel ini juga sudah jelas dan mudah dipahami. Selain itu, artikel ini dapat menambah wawasan mengenai peninggalan - peninggalan sejarah. Sehat selalu Bu Ambar, ditunggu artikel selanjutnya.

    - Puspita Intan Pratiwi/23/XII MIPA 5 -

    ReplyDelete
  81. Artikel ini sangat membantu para siswa dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi ini :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami sebagai siswa mampu memahami bahwa situs Sangiran bukan hanya sebagai tempat rekreasi saja, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat belajar sejarah. Ditunggu artikel selanjutnya :))

      Maylinda Puspitasari (23/XII MIPA 1)

      Delete
  82. Artikel yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Bahasa yang digunakan pun jelas, tidak berbelit belit. Sehingga mudah dipahami.

    - Dian K / 11/ XII IPS 2 -

    ReplyDelete
  83. Artikelnya sangat membantu dalam menambah pengetahuan prasejarah walaupun tidak mendatangi museum sangiran karena dalam situasi pandemi ini, dan artikelnya menarik jadi walaupun banyak penjelasan pembaca tidak merasa bosan akan membaca artikel tersebut, saran dari saya bu kalau bisa disisipkan video tentang muesum sangiran dan penjelasan dari bu guru sendiri, Terima kasih
    (Adi Bimantoro/XIIBB)

    ReplyDelete
  84. Indi Yanuardika/23/XII IPS 1

    Artikelnya bagus, sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi siswa maupun guru yang ingin belajar sejarah Indonesia, terutama melalui gambaran museum Sangiran.

    ReplyDelete
  85. Artikel ini sangat bermanfaat bagi siswa ataupun orang lain karena materi yang disampaikan sangat jelas dan mudah dipahami.Serta dapat membantu para siswa dalam pembelajaran jarak jauh atau daring, terutama dalam pemahaman materi prasejarah pada museum Sangiran.
    (Sri Sulastri/33/XII MIPA 7)

    ReplyDelete
  86. Artikelnya sangat bagus dan sangat membantu/bermanfaat. Dan dapat menambah wawasan bagi saya maupun teman teman saya yang belajar sejarah indonesia.

    ReplyDelete
  87. Marcella sinta olivia/26/XII ips 2

    artikelnya bagus,dapat menambah pengetahuan sejarah,bahasa yang digunakan juga mudah dipahami

    ReplyDelete
  88. Artikelnya bagus dan mudah di pahami, dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang sejarah.

    -Bima Widyatama

    ReplyDelete
  89. Artikelnya sangat bermanfaat dan membantu dalam pelajaran sejarah. Penjelasannya secara rinci sehingga mudah dipahami.

    Rista Nugraheni/XII MIPA 6

    ReplyDelete
  90. Subhanallah bagus sekali artikelnya, sangat bermanfaat bund untuk mendidik anak belajar sejarah. Mari belajar sejarah karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Sejarah ilmu yang menyenangkan!

    ReplyDelete
  91. -NUR AZ ZAHRA DIVVA KHARISMA/XII IPS 2-
    Artikelnya sangat bermanfaat dan membantu dalam belajar sejarah. Bahasanya juga mudah dipahami

    ReplyDelete
  92. Artikelnya bagus, menambah wawasan dan pengetahuan, penjelasannya detail dan lengkap. Sangat membantu siswa, guru, dan masyarakat secara umum yang ingin mengetahui dan mempelajari lebih lanjut mengenai Museum Sangiran dan situs-situs peninggalan sejarah lainnya. Dan saya juga melihat kemajuan dalam penggunaan teknologi di museum ini, yaitu penggunaan Augmented Reality (AR) yang memberikan kesan lebih real terhadap objek-objek sejarah yang terdapat di Museum Sangiran. Terima kasih Bu Ambar, ditunggu artikel selanjutnya.

    -Brian R.A.M. (XII IPS 1/10)

    ReplyDelete
  93. Artikelnya sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan mudah dipahami isinya penjelasanya lengkap dan detail.

    Era Ayu Meirani

    ReplyDelete
  94. Artikelnya sangat bagus dan lengkap sekali serta membantu menambah ilmu bagi para murid dan guru , tidak hanya menambah ilmu kita juga tahu bahwa terdapat museum Sangiran yang menyimpab benda-benda atau fosil zaman purba. Serta penjelasan tentang museum Sangiran dijelaskan secara runtut mulai dari pengertian hingga media yang sudah berteknologi seperti AR ( Augmented Reality) . Karena,artikel ini kita banyak mendapat ilmu,terima kasih bu atas artikelnya.

    Riki Pratama (XII MIPA 7/28)

    ReplyDelete
  95. PRAMESTI DILA. R. (26/XII IPS 3)
    Artikelnya sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan saya tentang museum sangiran dan mengetahui apa saja situs-situs yang ada di dalam museum sangiran tersebut, selain itu artikelnya juga ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah untuk di pahami

    ReplyDelete
  96. Artikel ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam memperluas wawasan dan pengetahuan tentang materi prasejarah, materi dijelaskan secara detail dan lengkap, bahasa yang digunakan juga komunikatif sehingga siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengn mudah. Selain itu, artikel ini juga dapat menginspirasi guru yang lain untuk membuat artikel edukasi agar media belajar siswa semakin berkembang dan bervariasi.

    Fadhila U.M (12/XII MIPA 1)

    ReplyDelete
  97. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, memberikan pengetahuan tentang museum sangiran yang saat ini bisa diakses lewat website,sehingga memudahkan kita apabila ingin mengenal lebih terhadap peninggalan peninggalan sejarah di museum sangiran tanpa harus pergi ke lokasi museum tersebut sehingga bisa dilakukan kala pandemi saat ini untuk mencegah penularan covid 19, terimakasih bu ambarr..

    Adelia Bella C/12 IPS 1

    ReplyDelete
  98. EGIDIA NATASYA Y.K (12/ XII IPS 3)
    Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat apalagi untuk yang belum pernah pergi ke Sangiran, bisa mengetahui lebih dulu apa isi dari museum tersebut.Tentunya juga dapat melihat peninggalan-peninggalan manusia purba zaman dahulu.

    ReplyDelete
  99. Artikel ini sangat menarik terutama saya sebagai seorang pelajar yang menyukai hal-hal berbau sejarah. Sehingga mampu memuaskan keingintahuan saya, artikel ini tentunya bermanfaat untuk media wawasan mengenai sejarah purbakala.

    Terimakasih, saya tunggu artikel berikutnya bu.

    Abid Laksa Linuwih -01/ XII MIPA 2-

    ReplyDelete
  100. Artikel ini sangat membantu, terutama bagi siswa karena memberikan pengatahuan dan wawasan mengenai masa prasejarah. Materi yang disajikan juga menarik dan sangat detail sehingga kita lebih mudah untuk memahaminya. Dengan adanya artikel ini, juga memudahkan kita untuk mengenal peninggalan-peninggalan sejarah tanpa harus datang ke museum karena situasi saat ini sedang pandemi covid-19. Terima kasih Bu Ambar untuk artikelnya...

    Nadya Indah Paramitha/24/XII MIPA 2

    ReplyDelete
  101. -Maya Siwi T. N. H/XII MIPA 1-
    Artikel yang disajikan sangat memberi manfaat bagi kita tentang pengetahuan prasejarah dan pengetahuan tentang museum sangiran, tampilan/layout dari website ini sangat menarik karena tidak hanya berisi tulisan tetapi juga disisipi gambar. Serta terdapat link acuan yang disisipkan yang akan membantu lebih mendalam mengenai materi yang disampaikan. Overall, keren dan bagus terima kasih kepada penulis (Bu Ambar) yang telah membuat website ini, semoga kedepannya lebih baik, ditunggu artikel selanjutnya :))

    ReplyDelete
  102. Artikel ini sangat membantu saya untuk memperluas wawasan saya terutama tentang sejarah. Apalagi di era pandemi covid-19 ini yang mengharuskan segala kegiatan dilakukan di rumah sehingga dengan adanya artikel yang memberikan informasi mengenai website museum sangiran yang bisa diakses secara online ini tentu sangat memberi manfaat apalagi bagi pelajar sebagai saya. Selain itu artikel ini juga menambah ketertarikan saya untuk lebih mendalami tentang sejarah. Terimakasih sebelumnya, saya tunggu artikel-artikel menarik selanjutnya bu🙏

    Noveria Sekar S/ 26/ XII MIPA 2

    ReplyDelete
  103. ARCHANGELA GIRLANI (05/XII IPS 3)
    Artikel ini sangat bermanfaat, deskripsi tentang museum sangiran dijelaskan dengan lengkap, dan kita bisa memahami tentang museum sangiran secara virtual melalui website tanpa harus mengunjunginya

    ReplyDelete
  104. Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman yang membutuhkan pengetahuan untuk memperluas wawasan
    mengenai sejarah khususnya tentang zaman praaksara dan mengetahui mengenai museum Sangiran, terutama untuk mereka yang belum pernah ke Sangiran atau mereka yang ingin ke sana namun terhalang oleh covid 19 ini yang mengharuskan kita di rumah saja,bisa mencari referensi melalui artikel ini. Dan dengan membaca artikel ini, ketertarikan saya terhadap ilmu sejarah menjadi lebih tinggi. Terima kasih Bu sudah membuat artikel yang sangat bermanfaat.

    Ema R.P/14/XII BB

    ReplyDelete
  105. Artikel ini sangat menarik dan bermanfaat, karena memberikan solusi untuk siswa yang sulit memahami sejarah dari buku saja.

    ~ Ahnaf Hafid M/03/XII MIPA 2

    ReplyDelete
  106. Artikel ini sangat membantu saya dalam menambah wawasan sejarah, karena materi yang disajikan jelas dan sangat detail sehingga memudahkan kita untuk memahaminya.

    Khusnul khotimah/XII MIPA 1

    ReplyDelete
  107. Terimakasih Bu Ambar, artikelnya sangat membantu saya dalam belajar tentang materi sejarah. Dan artikel ini juga membantu siswa mengenal tentang musem Sangiran dan saja peninggalan sejarah yang ada di dalamnnya.

    Adnan Roihan B /02/XII MIPA 5

    ReplyDelete
  108. Abellia Yunia Nanda (02/XII MIPA 6)
    Artikel ini sangat membantu saya dan siswa lainnya untuk menambah wawasan mengenai materi prasejarah, terlebih di saat-saat seperti ini mencari ilmu harus bisa mandiri dengan online dari rumah, terima kasih Bu Ambar artikelnya��

    ReplyDelete
  109. Bjir, banyak juga yg gb nilai

    ReplyDelete
  110. Maria Magdalena XII ips3:
    Artikel ini sangat membantu, tidak membosankan untuk dibaca, serta sangat lengkap untuk pendamping belajar, terimakasih bu guru....

    ReplyDelete
  111. Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat, terutama dalam kegiatan belajar. Didalam artikel ini kita dapat memperlajari zaman prasejarah,terutama yang ada di museum Sangiran, Sragen, Jawa tengah. Didalam artikel ini juga terdapat alamat website yang dapat membantu kita apabila ingin ke museum tersebut, tetapi tidak mungkin saat ini apalagi masih covid hehe. Di artikel ini juga terdapat alamat website yang memudahkan kita untuk melihat apa saja sih yang ada di museum tersebut, jadi memudahkan kita untuk menambah wawasan. Sukses terus untuk Bu Ambar, semoga dapat memotivasi guru-guru yang lain untuk membuat artikel seperti ini, yang bermanfaat untuk menambah wawasan anak bangsa.

    Anisa Akfa L.N.H/04/XII MIPA 4

    ReplyDelete
  112. Artikel yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Bahasa yang digunakan pun jelas, tidak berbelit belit. Sehingga mudah dipahami, dan penjelasannya pun begitu rinci sehingga sangat menambah pengetahuan kita.

    Ulfi Cahya Roma Doni/33/XII MIPA 5

    ReplyDelete
  113. Artikel nya sangat bermanfaat, materi yang disampaikan mudah dipahami dan dijelaskan secara detail jadi mudah dalam mempelajarainya. Artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang museum sangiran tanpa harus mengunjunginya.

    Astri Nur A/07/XII IPS 1

    ReplyDelete
  114. Artikel ini sangat bermanfaat dan membantu para siswa untuk belajar mengenal lebih luas lagi tentang prasejarah di Indonesia khususnya Museum Sangiran. Karena disini dijelaskan dengan sangat lengkap sehingga mudah untuk dimengerti dan dipahami. Terimakasih bu ambar untuk artikelnya...

    Mutiara Lintang A (25/XII IPS 3)

    ReplyDelete
  115. Salfia Silkyastuti/33/XII-MIPA1October 15, 2020 at 9:06 PM

    Waaah... Artikel yang sangat bagus. Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini memang kita semua dituntut untuk melakukan kegiatan dengan kebiasaan baru. Metode virtual menjadi salah satu solusi di tengah berbagai permasalahan sekarang ini. Artikel ini menyajikan informasi mengenai website museum sangiran sebagai media pembelajaran. Terdapat pula informasi mengenai situs-situs yang dapat diakses oleh siswa maupun guru. Sangat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih Bu Ambar. Kami tunggu karya-karya lainnya ����

    Salfia Silkyastuti/33/XIIMIPA1

    ReplyDelete
  116. Artikel ini sangat bermanfaat bagi siswa siswi yang belum mengerti atau belum pernah berkunjung ke museum sangiran, jadi sangat mendukung sekali dan dapat dipahami dengan baik walaupun belum mempelajarinya secara langsung ke tempat.
    Wahdinii Widi N (34/XII IPS 3)

    ReplyDelete
  117. Artikel ini sangat menarik sekaligus bermanfaat sebagai media pembelajaran prasejarah. Karena disini disajikan berbagai website museum Sangiran yang sangat lengkap dan mudah dipahami sehingga kita tidak perlu pergi ke museum Sangiran untuk belajar disaat pandemi covid-19 seperti ini. Terima kasih Bu Ambar untuk artikelnya dan ditunggu artikel berikutnya

    Evi Tri Utami (14/XII IPS 3)

    ReplyDelete
  118. Artikelnya sangat bagus, bermanfaat dan juga membantu kita menambah wawasan mengenai sejarah museum sangiran.
    Diyah Ayu Yulianasari/XII MIPA 2

    ReplyDelete
  119. Berliana Dewi XII A 2October 16, 2020 at 9:08 AM

    Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai materi prasejarah,dan dapat membantu untuk mengenal lebih jauh tentang Museum Sangiran serta peninggalan sejarahnya.

    Berliana Dewi / XII MIPA 2 (07)

    ReplyDelete
  120. Artikel yang sangat bagus bu, sangat menarik dan materi yang diberikan jelas sehingga mudah tersampaikan, artikel artikel seperti ini sangat bermanfaat bagi kita semua terutama pada masa pandemi dan harus belajar daring ini. Sukses selalu dan semoga bermanfaat.

    Rehan Putra H W/31/XII MIPA 1

    ReplyDelete
  121. Struktur artikel tersusun dengan rapi sehingga jelas dan mudah dipahami, dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan saya tentang prasejarah. Ditunggu artikel selanjutnya
    Elya Ayu Arisa / 12 / XII MIPA 2

    ReplyDelete
  122. Artikel ini menurut saya sangat bagus dan juga sangat bermanfaat bagi siswa maupun guru yang ingin belajar sejarah pada jaman prasejarah melalui gambaran musium Sangiran. Terutama karena kita sedang menghadapi pandemi dan pembelajaran dilakukan dengan cara daring. Sukses selalu dan jangan lupa jaga kesehatan terimakasih

    Angelus Elsha Sejati/04/XII MIPA 3

    ReplyDelete
  123. Artikel ini sangat bermanfaat dan membantu pembaca untuk menambah pengetahuan mengenai salah satu sejarah di Indonesia khususnya jawa tengah

    AINUN DIAH KUSUMA WARDANI/01/XII MIPA 7

    ReplyDelete
  124. Artikel ini sangat bermanfaat bagi siswa, guru, maupun masyarakat umum yang ingin mengetahui tentang jaman prasejarah di museum sangiran. Dengan struktur yang sangat rapi dan menarik yang memudahkan kita dalam membaca dan memahaminya.

    Sabriella Farhaque Denta Hamidyaningtyas/35/XII IPS 1

    ReplyDelete
  125. Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat bagi siswa maupun guru dalam menambah pengetahuan atau pemahaman tentang prasejarah di Museum Sangiran.Selain itu pemilihan kata yang tepat sehingga mudah dipahami dan maksudnya tersampaikan oleh pembaca.Dan karena sekarang sedang pandemi sehingga dapat memudahkan siswa dan guru untuk belajar secara daring tentang prasejarah melalui artikel ini.

    Diyas Septyani/11/XII IPS 3

    ReplyDelete
  126. Artikel ini sangat bagus karena memberikan suatu wawasan yang bermanfaat bagi kita untuk menambah pengetahuan tentang prasejarah dan artikel ini sangat menarik karena menjelaskan tentang Museum Sangiran secara lengkap dan mudah dipahami sehingga dapat memberikan suatu pengetahuan prasejarah melalui Museum Sangiran walaupun hanya secara virtual melalui website.

    Aisyah Nur Widya O. ( 03 / XII IPS 3 )

    ReplyDelete

  127. Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman kita mengenai kehidupan masa prasejarah yang ditata sedemikian rupa melalui museum sangiran dan betapa pentingnya pengetahuan prasejarah di era modern saat ini

    Werdining Tyas Utami(33)

    ReplyDelete
  128. Ratih Fitriana/24/XII mipa 5

    Artikel ini sangat bermanfaat untuk para pembaca. Ditambah lagi dengan penyajiannya yang rapi dan penjelasan yang lengkap. Artikel seperti ini seharusnya diperbanyak agar menambah ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  129. Melia Endah S/XII MIPA 6/26

    Artikel nya bagus dan lengkap. Artikel ini bermanfaat bagi siswa-siswi yang tidak bisa terjun langsung ke lokasi untuk melakukan pengamatan di masa pandemi covid-19. Semoga artikelnya terus dikembangkan agar pengetahuan pembaca semakin bertambah

    ReplyDelete
  130. Artikel ini sangat bermanfaat,bisa menambah wawasan dan pengetahuan,melalui artikel ini kita dapat meningkatkan ilmu kita

    Divya(10/XII IPS 4)

    ReplyDelete
  131. Artikelnya sangat bagus dan lengkap sekali, sangat bermanfaat bagi siswa untuk media pembelajaran sejarah juga. Walaupun saya sudah pernah ke sangiran membaca artikel ini mengingatkan saya pada museum sangiran dan jadi ingin berkunjung ke sana lagi. Sukses selalu Bu Guru��
    -Fauziyah Zulfa S (14/XIIA2)-

    ReplyDelete
  132. Artikelnya menarik, bagus, dan sangat membantu siswa dalam pembelajaran jarak jauh seperti yang sedang berlangsung saat ini. Adanya pandemi membuat kita untuk menjaga jarak, mungkin jika tidak ada pandemi kita bisa berkunjung ke museum Sangiran secara langsung. Kebetulan saya juga belum pernah kesana dan setelah membaca artikel ini, setidaknya saya bisa menambah pengetahuan dan mempelajari beberapa hal mengenai museum Sangiran. Semoga pandemi segera berakhir dan kita bisa mendatangi dan mempelajari mengenai museum Sangiran. Terimakasih artikelnya sangaat bermanfaat.

    Meira Putri Nur Juwita / 24 / XII MIPA 1

    ReplyDelete
  133. Sangat bagus dan membantu untuk menambah wawasan mengenai pengetahuan dan hal-hal yang berkaitan dengan museum Sangiran.
    Husnun H-15, XII A 1

    ReplyDelete
  134. Artikel yang berisi tentang museum Sangiran ini sangat bermanfaat dan sangat menambah wawasan, isinyapun lengkap, detail dan mudah dipahami. Sehingga kita tidak perlu langsung ke Museum tersebut untuk mempelajarinya .

    Nur Kusumawati/25/XII MIPA 3

    ReplyDelete
  135. Artikel ini bermanfaat menambah wawasan tentang sejarah untuk semua orang terutama anak sekolah, kalimat yang menarik membuat seseorang tertarik untuk membacanya dan kalimat didalam artikel tersebuh mudah dipahami

    Tisfansyah Dhia Salsabila/35/XII IPS 2

    ReplyDelete
  136. Artikel ini bermanfaat menambah wawasan tentang sejarah untuk semua orang terutama anak sekolah, kalimat yang menarik membuat seseorang tertarik untuk membacanya dan kalimat didalam artikel tersebuh mudah dipahami

    Tisfansyah Dhia Salsabila/35/XII IPS 2

    ReplyDelete