12/09/2020

Kirim artikel

 klik disini untuk kirim artikel 

Artikel diketik dalam format file PDF atau DOC (Ms. Word). Ukuran kertas A4; Batas pengetikan kanan, kiri, atas, bawah 3cm; Paragraph 1,5 spasi; Ukuran huruf 12; Jumlah kata 1.300-2.500 (4-10 halaman). Diperbolehkan memuat foto diri dan foto ilustrasi artikel. Untuk foto ilustrasi tidak lebih dari 2 foto dan harus disebutkan sumbernya (alamat web, dll) bila mengambil dari sumber lain bukan milik penulis sendiri.  

Tulisan Ilmiah Populer (angka kredit 1,5)

Tulisan Ilmiah Populer adalah tulisan ilmiah di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau Media online yang mempunyai alamat website resmi bukan Blog). Tulisan ilmiah populer dalam kaitan dengan upaya pengembangan profesi guru merupakan tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide, atau gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan.

Tulisan Ilmiah Populer adalah bentuk Publikasi Ilmiah (PI) yang memiliki angka kredit 1,5 dalam Penetapan Angka Kredit (PAK) unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru.


Prinsip Publikasi Ilmiah

Hasil kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan subunsur publikasi ilmiah, dan karya inovatif, harus memenuhi persyaratan  APIK, yaitu sebagai berikut:
  1. Asli, laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya, bukan merupakan plagiat/jiplakan, atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur.
  2. Perlu, hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan profesi guru yang bersangkutan. Manfaat tersebut diutamakan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan.
  3. Ilmiah, laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah kebenaran ilmiah dan mengikuti kerangka isi yang telah ditetapkan.
  4. Konsisten, isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok guru. Isi laporan harus berada pada bidang tugas guru yang bersangkutan, dan mempermasalahkan tentang tugas pembelajaran yang sesuai dengan tugasnya di sekolahnya.


Tentang Dwijo.id

Dwijo.id adalah website resmi nasional yang dikhususkan sebagai wahana publikasi hasil karya tulis ilmiah untuk para pendidik. Publikasi Ilmiah bisa berupa: hasil penelitian atau gagasan ilmiah bidang pendidikan dalam bentuk laporan hasil penelitian, makalah berupa tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer, dan artikel ilmiah dalam bidang pendidikan.

Dwijo.id adalah website nasional resmi yang teregistrasi di PANDI.id sebagai Registri Nama Domain Tingkat Atas Indonesia (.ID) sesuai Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia No. 806 Tahun 2014.

Keterangan:
Informasi tentang Tulisan Ilmiah Populer dan Prinsip Publikasi Ilmiah pada halaman ini disarikan dari Buku Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya.


No comments:

Post a Comment